Selasa, Januari 24, 2012

Gaun Emas Sutera Terbuat dari 1 Juta Labah-labah


Berwarna emas, berkesan mewah dan sangat kuat. Kain ini merupakan kain sutra, yang terbuat dari jaring labah-labah. Diperlukan waktu yang sangat lama untuk membuatnya, mencapai empat tahun.


Labah-labah yang yang digunakan juga bukan labah-labah biasa. Melainkan, labah-labah dari Madagaskar, yang memiliki filamen emas dan menghasilkan efek menyilaukan. Diperlukan lebih dari satu juta ekor labah-labah untuk menghasilkannya.

Gaun couture dari sutera labah-labah itu, seperti dilansir dari The Guardian, kini sedang dipamerkan di Victoria and Albert Museum, London, Inggris. Sebenarnya, saat ini sutera labah-labah sedang naik daun dalam dunia seni tekstil.




Tahun lalu, pernah dibuat 3,3 meter scarf dari jaring labah-labah dan dipamerkan di beberapa museum di New York dan London. Kini, Godley & Peers, perusahaan yang membuat gaun couture dari jaring labah-labah, kembali mengembangkannya.


Jaring labah-labah, ditenun oleh 24 penenun yang semuanya perempuan. Alat tenun seluruhnya juga digerakan oleh tangan dan diperlukan 96 simpul untuk membuat seutas benang tipis dari jaring labah-labah.


Dari hal ini terlihat diperlukan ketelitian dan keahlian tinggi untuk mengolah sutera dari jaring labah-labah. Tak hairan, jika diperlukan waktu empat tahun untuk membuat kain dari jaring laba-laba sepanjang empat meter.





labah-labah emas dari Madagaskar


"Ini seperti sebuah jubah ghaib. Sangat halus, bahkan Anda tak akan sangka kalau ini dari jaring labah-labah," kata Godley
.



Tiada ulasan:

Catat Ulasan

t

k