Isnin, Julai 18, 2011

Sangat Kesian atlet gimnastik China yang meraih emas terpaksa meminta sedekah



TEMPO Interaktif, Beijing – Bekas gimnas juara dunia asal China terpaksa meminta sedekah dengan tampil di jalanan di Beijing untuk mencari sesuap nasi. Bekas anggota pasukan nasional senam China, Zhang Shangwu, tampil di Wangfujing Metro Station untuk mendapatkan wang 30 yuan se hari.

Dalam upaya mencari wang dengan meminta sedekah Zhang harus pindah dari satu tempat ke tempat lain untuk menghindari penangkapan petugas keamanan.

“Saya tidak tahu pekerjaan lain selain gimnastik. Saya hanya menggunakan bakat saya untuk mencari wang,” ujar Zhang. Ia juga mengaku harus membiayai pengubatan datuknya yang kritikal.

Bekas atlet berusia 27 tahun tersebut bergelutt melawan kemiskinan setelah bersara sebagai atlet. Zhang dikirim ke sekolah olahraga amatur dii Hebei pada 1988 ketika masih berusia lima tahun.

Pada usia 12 tahun, Zhang terpilih masuk pasukan nasional gimnastik China. Pada Summer Universiade 2001, Zhang mendapat medal emas. Bersama Xing Aowei dan Yang we, ia memenangkan medali emas. Ketika berlatih untuk Olimpiade 2004, Zhang mengalami cedera tendon sehingga harus mengakhiri karier profesionalnya setahun kemudian.

Ia sempat bergabung dengan pasukan gimnastik Hebei sampai bersara pada 2005. Zhang sempat dipenjara keraa mencuri pada 2007. Setelah bebas dari penjara, Zhang bepergian ke berbagai tempat untuk tampil di jalan-jalan guna mencari sesuap nasi.



Tiada ulasan:

Catat Ulasan

t

k